Warning: include(connection.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory in /home/fbanten/public_html/ads/view/latar.php on line 2

Warning: include() [function.include]: Failed opening 'connection.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php') in /home/fbanten/public_html/ads/view/latar.php on line 2

Warning: include(connection.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory in /home/fbanten/public_html/ads/view/atas_utama.php on line 2

Warning: include() [function.include]: Failed opening 'connection.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php') in /home/fbanten/public_html/ads/view/atas_utama.php on line 2

Penduduk Miskin Pandeglang Sebanyak 127.800 Jiwa,Terbesar di Banten

December 27th, 2011  |  Published in Uncategorized

Pandeglang,FESBUK BANTEN News (27/12)  – Dalam rapat evaluasi penanggulangan kemiskinan Kabupaten Pandeglang dan pengentasan desa tertinggal tahun 2011 di pendopo Pemkab Pandeglang,Selasa (27/12),Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi mengatakan,berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) penduduk miskin di Pandeglang  sebanyak  127.800 jiwa.

 

 

Dalam rapat yang dihadiri oleh sejumlah kepala SKPD, camat dan lainnya.

Erwan juga mengatakan, jumlah desa tertinggal di Pandeglang, mencapai 141 desa dari 335 desa.

 

 

Erwan  juga mengungkapkan, berdasarkan data BPS, jumlah angka miskin di Banten juga mengalami penurunan sebesar 6,32 persen. Untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengentasan desa tertinggal diperlukan upaya yang serius juga berkelanjutan.

 

 

“Meski memiliki potensi luas wilayah yang mencapai 29 persen dari  total wilayah Banten, angka kemiskinan juga tertinggi. Desa tertinggal juga terbanyak di Banten.  Padahal, Pandeglang memiliki kekayaan alam yang sangat luas dan potensi sangat besar,” katanya,seraya mengatakan,pengentasan kemiskinan adalah tanggungjawab bersama.

 

 

Untuk itu, kata bupati, diperlukan sinergitas pembangunan di Pandeglang. Penanganan kemiskinan yang sama agar angka kemiskinan dan jumlah desa tertinggal berkurang.

 

 

Dia mengatakan, pusat sudah menganggarkan dana untuk pengentasan kemiskinan dengan sistem kluster. Kluster pertama yaitu bantuan sosial terpadu berbasis keluarga, kedua pemberdayaan masyarakat, ketiga pemberdayaan UMKM serta program pengentasan kemiskinan lainnya.

“Seluruh program ini dilaksanakan dalam bentuk PKH, BOS,, Jamkesmas, PNPM, KUR dan lainnya,” kata Erwan.

 

 

Pemkab Pandeglang, ungkap dia, juga berupaya menanggulangi kemiskinan yang didanai oleh APBD Pandeglang. Kegiatan ini, tersebar di beberapa SKPD. Diantaranya, kegiatan bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan UMKM dan pengentasan desa tertinggal.

 

 

Adanya sinergi pembangunan ini diharapkan bisa mengentaskan kemiskinan dan dapat mengurangi jumlah desa tertinggal di Pandeglang. Hal ini juga akan berdampak untuk mengejar ketertinggalan dibandingkan dengan daerah lain.

 

 

Kepala badan pemberdayaan masyarakat, Umar Mansur PNPM merupakan bagian dari upaya pengentasan kemiskinan. Karenanya, di PNPM ada program pemberdayaan perempuan, koperasi maupun kegiatan lain yang bersentuhan dengan masyarakat.

 

 

“Untuk tahun 2012, diperkirakan bantun untuk PNPM bisa mencapai Rp57 miliar dan diharapkan terserap untuk kepentingan masyarakat,” katanya.(Abu Rayyan/LLJ)

 

Leave a Response

Security Code: